Bengkulu (Antara) - Kementerian Kesehatan menempatkan 12 dokter spesialis di rumah sakit umum di enam kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu untuk mendukung pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

"Ada 12 orang dokter spesialis yang ditempatkan di Bengkulu, akan didistribusi ke enam kabupaten dan kota, masing-masing dua orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan 12 dokter spesialis itu akan ditugaskan di Kabupaten Bengkulu Tengah, Kaur, Lebong, Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Tengah, dan RSJ Soeprapto Kota Bengkulu.

Sebelum para dokter itu mulai bertugas, katanya, setiap rumah sakit sudah diminta untuk menyiapkan kelengkapan infrastruktur pendukung, seperti peralatan medis hingga insentif.

"Kita menunggu keputusan Kementerian Kesehatan untuk penempatan 12 orang dokter ini," kata dia.

Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta para kepala daerah yang mengusulkan penambahan dokter spesialis untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait tunjangan tenaga kesehatan.

"Agar mereka betul-betul produktif, kita minta kabupaten dan kota menyiapkan tunjangan daerah," katanya.

Selain tenaga dokter spesialis, Kementerian Kesehatan juga mengirim Tim Nusantara Sehat yang akan mengabdi di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal.

Sebanyak lima tim diturunkan ke Bengkulu untuk bertugas selama dua tahun, yakni satu tim di Pulau Enggano, dua tim di Kecamatan Ketahun dan Napal Putih, Bengkulu Utara, serta dua tim di Kecamatan Pematang Tiga dan Padang Pagar Jati, Bengkulu Tengah.

Masing-masing tim terdiri atas enam orang tenaga kesehatan, yaitu dokter umum, perawat, ahli gizi, tenaga penyuluh, dan dokter spesialis. ***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017