Bengkulu (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu mengharapkan penambahan empat rute baru penerbangan perintis yang menghubungkan Bengkulu dengan Provinsi Jambi, Lampung, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan, akan mendukung pengembangan sektor pariwisata daerah ini.

"Ada empat rute baru penerbangan dari Bengkulu dengan provinsi tetangga yang kita harapkan dapat mendukung tahun kunjungan wisata Bengkulu," kata Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan penerbangan empat rute baru yang dilayani pesawat Wings Air itu akan terbang perdana 5 September 2017.

Selama ini kata dia, penerbangan dari Bengkulu menuju Jambi dan Lampung harus transit di Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan penerbangan Bengkulu-Sumatera Selatan sudah terlebih dahulu dilayani pesawat Garuda dengan sekali terbang per hari.

"Penerbangan Bengkulu-Padang juga ada, tapi transit di bandara perintis Mukomuko. Dengan rute baru ini penerbangan akan langsung ke Padang," ucapnya.

Penambahan rute tersebut lanjut dia akan menambah akses dari dan menuju Provinsi Bengkulu yang diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata.

Pemerintah Provinsi Bengkulu merancang tahun kunjungan wisata ke daerah ini pada 2020 dengan tagline "Visit Wonderful Bengkulu 2020" yang diharapkan mampu mendatangkan turis nusantara dan mancanegara ke daerah ini.

Untuk menyukseskan tahun kunjungan tersebut, pemda setempat menyiapkan lima agenda utama, yakni "Maritime Festival" yang dipusatkan di Pulau Enggano, "Mountain Valley Festival" dipusatkan di kebun teh Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, "River Lake Festival" dipusatkan di Danau Tes, Kabupaten Lebong, "Garden Flower Festival" dipusatkan di Danau Mas Harun Bastari, Rejanglebong, dan terakhir "Bencoolen Festival" dipusatkan di Kota Bengkulu.

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017