Rejang Lebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu membangun pasar khusus kuliner di Lapangan Setia Negara Curup.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Rejang Lebong, Sabirin Saleh, usai menyaksikan titik nol pertanda dimulainya pekerjaan pembangunan pasar kuliner di Lapangan Setia Negara Curup, Selasa, mengatakan pembangunannya dilakukan secara bertahap dengan tahap pertama menelan anggaran Rp1,1 miliar.

"Pembangunannya baru dimulai hari ini dan besok rekanan yang memenangkan tendernya mulai bekerja. Di kawasan ini nantinya akan dibangun pasar khusus kuliner sebanyak 28 petak dengan 14 auning," katanya.

Pembangunan pasar khusus makanan dan minuman di daerah itu guna menertibkan keberadaan pedagang yang masih memakai badan jalan atau bahu jalan untuk berdagang.

Pemusatan lokasi berdagang itu bertujuan untuk memudahkan konsumen berbelanja dan juga untuk menciptakan ketertiban kota sehingga diharapkan nantinya semua pedagang ini dapat memanfaatkan pasar itu.

Sejauh ini dari laporan Pengelola Pasar, di Rejang Lebong terdapat 68 PKL yang berjualan aneka makanan dan minuman namun karena anggaran yang disiapkan Pemkab setempat pada tahun ini baru bisa menampung 28 pedagang sedangkan pedagang lainnya akan dimasukan dalam rencana pekerjaan lanjutan pada tahun berikutnya.

"Ke depannya direncanakan akan ada dan sarana pendukung lainnya. Kemudian bangunannya juga akan berbentuk huruf U, akan tetapi karena dananya terbatas maka tahapan pertama ini akan dibentuk bangunan menyerupai huruf L," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Rejang Lebong Edi Utama yang turut menyaksikan titik nol pembangunan pasar kuliner di Lapangan Setia Negara berharap pekerjaannya selesai tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi yang telah direncanakan, sehingga tidak bermasalah di kemudian hari. ***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017