Jakarta (ANTARA Bengkulu) - Kanselir Republik Federal Jerman Angela Merkel mengunjungi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu untuk melihat cara kerja sistem peringatan dini tsunami (Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS).

Kunjungan Merkel tersebut juga dilakukan dalam rangka memperingati 31 tahun kerja sama antara Indonesia dan Jerman dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada kunjungan tersebut  dihadiri Menteri Riset dan Teknologi  Gusti Muhammad Hatta,Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu  serta didampingi Kepala BMKG Sri Woro B Harijono.

Kanselir Merkel melakukan kunjungan kerja di Indonesia pada 10 Juli hingga 11 Juli 2012. Selain bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia juga mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, mengunjungi Masjid Istiqlal serta Gereja Immanuel yang semuanya berada di Jakarta.

Kunjungan Kanselir Merkel merupakan balasan atas kunjungan Presiden Yudhoyono ke Jerman beberapa waktu lalu.

Rombongan Kanselir Jerman antara lain terdiri atasdari State Secretary for Economic Affairs, anggota parlemen, dan perwakilan kalangan pengusaha utama Jerman.

Jerman melalui proyek German Indonesia Tsunami Early Warning System (GITEWS) proyek terlibat dalam pengembangan sistem monitoring, pusat operasional, telekomunikasi, pembangunan kapasitas sumberdaya manusia, penelitian dan sebagainya.  (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012