Bengkulu (Antara) - Satu bunga Rafflesia gadutensis mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara sekitar 80 kilometer dari Kota Bengkulu.

"Ada satu kuntum jenis Rafflesia gadutensis mekar pada spot lima hutan lindung," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara Septian Riki saat dihubungi dari Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan bunga langka dan dilindungi di dunia tersebut sudah mekar memasuki hari ketiga dan posisinya tengah mekar sempurna.

Lokasi bunga mekar, kata Riki, berada dalam kawasan wisata air terjun Palak Siring, Kemumu.

"Para pengunjung yang ingin menyaksikan keunikan bunga ini dapat mendatangi objek wisata air terjun Palak Siring," ujarnya pula.

Pengunjung yang menuju lokasi habitat bunga itu akan dipandu anggota komunitas.

Rafflesia gadutensis merupakan salah satu bunga langka dilindungi yang tumbuh di hutan Bengkulu. Selain jenis Rafflesia gadutensis, ada tiga jenis rafflesia lainnya yang tumbuh di kawasan hutan daerah ini.

Tiga jenis rafflesia tersebut yakni Rafflesia arnoldii yang memiliki diameter paling besar, Rafflesia hasselti, dan Rafflesia bengkuluensis.

Keempat jenis bunga tersebut dibedakan oleh ukuran atau diameter bunga, warna dan keunikan morfologi masing-masing jenis.

Menurut Riki, di hutan lindung Boven Lais terdapat lima spot habitat Rafflesia yang sudah diidentifikasi anggota komunitas itu.

"Keberadaan bunga langka ini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke air terjun Palak Siring, Kemumu," katanya pula.***3***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017