Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu mendistribusikan logistik seperti makanan, obat-obatan, maupun kebutuhan lainnya untuk warga setempat yang menjadi korban musibah banjir.

"Kita sudah mendistribusikan sembako berupa beras 180 kilogram, kemudian selimut 50 lembar dan terpal 50 lembar di titik wilayah banjir bumi ayu," kata Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Syahrul Tamzie di Bengkulu, Jumat.

Dinsos setempat juga mendistribusikan beras sebanyak 90 kilogram, selimut 30 lembar, terpal 40 lembar untu titik banjir Kelurahan Pagar Dewa.

Untuk Kelurahan Teluk Sepang, Kampung Bahari, Sukamerindu, serta Perumahan Korpri didistribusikan kebutuhan pokok yakni beras sebanyak 300 kilogram ke titik-titik lokasi banjir di

"Sejak Kamis malam (21/09/2017), Dinas Sosial bersama OPD terkait seperti BPBD, Dinkes, PMI, termasuk tagana sudah membuat dapur umum yang berlokasi di Kampung Bahari, Pulau Baai," kata dia lagi.

Sementara, Kadis Kesehatan Susilawaty mengatakan, pihaknya telah membuka posko kesehatan di antaranya di Kampung Bahari, Tanjung Agung, dan dibeberapa titik yang masih mengalami banjir.

Selain posko itu, kita juga menyiapkan puskesmas keliling (Pusling) yang bergerak ke rumah penduduk yang terkena banjir dan juga tempat pengungsian sementara untuk memberikan pengobatan," ucapnya

Warga berpotensi terserang Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan Leptospirosis, oleh karena itu sejumlah petugas kesehatan menurut dia disiagakan 24 jam di lokasi-lokasi banjir melalui puskesmas dan puskesmas pembantu (Pustu), ujar Susilawaty.

Warga yang terkena dampak banjir kata dia diharapkan untuk mendatangi posko kesehatan yang telah disediakan untuk melakukan pengecekan medis sebagai pencegahan dini dari penyakit pasca banjir. ***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017