Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat segera membeli sebanyak 20 unit perahu motor untuk kelompok usaha bersama nelayan di daerah tersebut.

"Lelang proyek pengadaan sebanyak 20 unit perahu nelayan masih tetap berjalan sampai sekarang. Rencananya pembeliannya dalam tahun ini," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan di Mukomuko, Sabtu.

Dinas Kelautan dan Perikanan setempat sebelumnya terancam tidak bisa membeli sebanyak 20 perahu untuk nelayan menggunakan DAK karena realisasi penggunaan DAK di dinas itu terhitung 31 Agustus 2018 tidak mencapai 80 persen.

Ia menyatakan, terkait dengan dana untuk membeli sebanyak 20 unit perahu untuk nelayan di daerah itu rencananya berasal dari dana alokasi umum.

Ia mengatakan, instansinya sudah berkoordinasi dengan bupati setempat terkait solusi mengatasi anggaran untuk pembelian sebanyak puluhan unit perahu motor untuk nelayan di daerah itu.

Ia menjelaskan, instansinya terlambat dalam menggunakan dana alokasi khusus untuk membeli puluhan perahu motor nelayan tersebut karena adanya perbedaan pandangan terkait spesifikasi perahu dari pemerintah pusat dengan permintaan nelayan.

Ia menyatakan, instansinya membuat sebanyak 20 perahu motor untuk nelayan setempat itu menggunakan bahan fiber. Spesifikasi atau bentuk perahu menggunakan bahan ini sudah baku segi empat.

Ia menyatakan, sebanyak 20 unit perahu motor tersebut sangat dibutuhkan oleh KUB nelayan setempat, termasuk mesin tempel dan alat tangkap yang sudah lebih dahulu dibeli. ***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017