Jakarta (Antara) - Sejumlah warga Jakarta mendesak Polri maupun TNI meningkatkan pengamanan di Tanah Air dan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya, dan  hal ini harus dilakukan untuk menghindari kejadian seperti penembakan massal di Las Vegas, Amerika Serikat.

"Sebagai warga  masyarakat, saya menginginkan pihak keamanan agar bisa lebih profesional dalam menjalankan tugasnya supaya bisa lebih baik untuk ke depannya dan bisa tercipta situasi yang kondusif," ujar seorang warga Nur Zaelani di Jakarta, Rabu.

Sementara itu mahasiswa Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi, Ilyas Fauzi Anggara mengatakan acara besar seperti acara musik di Jakarta belum mendapatkan pengamanan yang maksimal dari pihak yang berwajib.

Banyaknya penonton yang membawa minuman beralkohol dan senjata tajam yang lolos dari pemeriksaan membuktikan kurangnya pengamanan yang diterapkan di lokasi.

"Pengamanan dalam acara besar seperti acara musik dengan banyak penonton dan kebanyakan diadakan di tempat terbuka membuat pengamanan yang diterapkan kurang maksimal. Kalau misalkan memang sudah rapi, pasti orang-orang yang membawa minuman keras, senjata tajam dan menjadi provokator yang menyebabkan kerusuhan dapat dicegah atau bahkan tidak ada sama sekali," kata Ilyas.

Ilyas berpendapat kejadian yang terjadi di Las Vegas, Sabtu (1/10) bisa saja terjadi di Indonesia. Kejadian penembakan dilakukan oleh Stephen Paddock (64) yang menewaskan 59 orang dan sekitar 500 orang luka-luka. Kejadian serupa dapat dicegah dengan pengamanan yang lebih ditingkatkan lagi dan mungkin bisa ditambahkan dengan teknologi yang lebih praktis dan canggih untuk membantu pihak keamanan.

"Harapan saya sebenarnya ingin adanya teknologi atau alat pengamanan yang lebih praktis dan canggih yang dapat membantu tugas pihak keamanan, tetapi tidak membuat pihak keamanan menggampangkan tugasnya karena hadirnya teknologi tersebut," katanya.

Ilyas menambahkan pengawasan harus tetap baik dengan didukung teknologi pengamanan yang lebih canggih dan membantu, tetapi aspek kenyamanan untuk penonton atau pengunjung yang ada juga harus dijaga. Kenyamanan dan keamanan pengunjung menjadi tanggung jawab pihak keamanan selain pengamanan acara tersebut.

Kejadian penembakan yang dilakukan dari lantai 32 sebuah hotel di Las Vegas itu menjadi sebuah pelajaran dan contoh untuk pihak Polri maupun TNI agar lebih waspada dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya kejadian yang serupa. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017