Bengkulu (Antara) - Tabuhan puluhan dol, alat musik khas Bengkulu memeriahkan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-72 yang dipusatkan di lapangan olahraga Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

"Penampilan musik dol ini bagian dari peran TNI melestarikan seni dan budaya," kata Kepala Staf Komando Resort Militer (Kasrem) 041 Garuda Emas, Letkol Inf Imam di Bengkulu, Kamis.

Penampilan musik dol yang dimainkan prajurit dari Yonif 144 Jaya Yudha Rejanglebong itu mengiringi pertunjukan seni bela diri oleh prajurit TNI.

Setelah seni musik dol yang dimainkan belasan orang, ditampilkan pula drama kolosal tentang perjuangan TNI manunggal dengan rakyat untuk menghadapi tentara kolonial.

Sesuai dengan tema HUT Ke-72 TNI mengambil tema "TNI Kuat Bersama Rakyat", yang ditunjukkan dalam drama kolosal itu.

Penonton pun tampak terpukau menyaksikan pertunjukan seni musik dol dan drama kolosal itu. Tak ada warga dan undangan lainnya yang beranjak hingga penampilan langka para prajurit itu usai.

Upacara HUT Ke-72 TNI digelar oleh Korem 041/Gamas dan Lanal Bengkulu di lapangan pusat olahraga Pantai Panjang.

Bertindak selaku inspektur upacara yaitu Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu, Brigjen Pol Coki Manurung. Coki mewakili Danrem 041/Gamas, yang diundang mengikuti puncak HUT TNI di Cilegon bersama Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

Selain upacara dan penampilan drama kolosal serta pertunjukan musik dol, pada kesempatan itu juga diserahkan santunan terhadap sejumlah veteran.

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017