Mukomuko (Antara) - Tim Surveyor Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia saat ini mulai melakukan penilaian terhadap dua puskesmas di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Tim akreditasi Kemenkes melakukan penilaian puskesmas Kecamatan Ipuh dan puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang. Tim melakukan penilaian selama enam hari sejak tanggal 15-20 Oktober," kata anggota Tim Pendamping Akreditasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Heri Junaidi, di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah daerah setempat mellaui Dinas Kesehatan tahun ini mengusulkan akreditasi empat puskesmas, yakni puskesmas Kecamatan Ipuh, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Kota Mukomuko dan Kecamatan Air Rami.

Hari Junaidi yang juga Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat ini mengatakan, tim akreditasi dari Kemenkes selama tiga hari memberikan penilaian terhadap berbagai fasilitas yang tersedia sekaligus kesiapan tenaga medis di puskesmas Kecamatan Ipuh.

Setelah ini, katanya, tim ini akan melanjutnya tugasnya melakukan penilaian terhadap puskesmas di Kecamatan Lubuk Pinang selama tiga hari.

Sedangkan penilaian terhadap dua puskesmas rawat jalan di Kecamatan Kota Mukomuko dan puskesmas rawat inap di Kecamatan Air Rami diusulkan pada tahap selanjutnya.

"Kami usulkan penilaian dua puskesmas ini sekitar bulan November tahun ini," ujarnya.

Ia menerangkan, tujuan akreditasi puskesmas itu untuk meningkatkan mutu dan manajemen puskesmas.

Selain itu, katanya, agar seluruh puskesmas di daerah itu terdata sesuai dengan standar pelayanan, manajemen, prosedur tetap (protap), sikap tenaga medis.

"Selain itu tujuan akreditasi puskesmas ini agar pasien datang mendapat pelayanan terbaik," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017