Jakarta, (ANTARA Bengkulu) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada tahun anggaran 2012 membuka lowongan untuk 700 calon pegawai negeri sipil (CPNS) golongan II dan III untuk tingkat SMK, Diploma III, dan Sarjana (S-1).
        
Sekretaris Jenderal Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 14 Juli hingga 29 Juli 2012.
        
Unit eselon I yang membutuhkan tenaga adalah Sekretariat Jenderal, Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Perimbangan Keuangan, Ditjen Pengelolaan Utang, Inspektorat Jenderal, dan Badan Kebijakan Fiskal.
        
Rincian 700 tenaga yang dibutuhkan terdiri dari Sarjana (S-1) Akuntansi sebanyak 206 orang, S-1 Manajemen (Keuangan) 92 orang. Diploma III (DIII) Nautika sebanyak 35 orang, DIII Teknika 25 orang.
        
Selain itu DIII Kimia/Analis Kimia 38 orang, DIII Farmasi/Analis Farmasi 22 orang, DIII Teknik Mineral/Pertambangan Mineral/Pengecoran Logam 10 orang.
        
SMK Pelayaran (SPM Nautika) 91 orang, SPM Teknika 63 orang. SMK Teknik Mesin, SMK Teknik Perkapalan (Kelistrikan Kapal) dan SMK Teknik Telekomunikasi (Teknik Transmisi Telekomunikasi) masing-masing 17 orang. SMK Teknik Perkapalan (Konstruksi Kapal Kayu/Fiberglass/baja) 26 orang, SMK Teknik Kimia 23 orang, dan SMK Farmasi (Farmasi Industri) 16 orang.
        
Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara on-line dapat mengunduh formulir pendaftaran on-line, daftar riwayat hidup singkat, surat pernyataan, dan tanda bukti pendaftaran.
        
Pelamar wajib mengirimkan berkas lamaran dalam stopmap dengan warnya yang telah ditetapkan. Stopmap berisi lamaran dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui pos kepada Panitia Pusat Rekrutmen Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2012 PO Box 1001 Jakarta 10000. Berkas lamaran diterima panitia paling lambat 6 Agustus 2012 (Cap Pos).
        
Seleksi penerimaan meliputi empat tahap dengan sistem gugur yang meliputi seleksi administrasi, tes kemampuan dasar, psikotes lanjutan, dan tes kesehatan dan kebugaran serta wawancara (untuk pelamar dengan program studi tertentu).
        
Ujian akan dilaksanakan di tujuh kota yaitu Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, dan Jayapura.
        
Pelamar dapat melihar pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada 30 Agustus 2012 melalui portal Kementerian Keuangan. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012