Mukomuko (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membantah isu terkait dengan instansinya "pilih kasih" terhadap kelompok usaha bersama nelayan yang menerima bantuan 20 unit kapal lengkap dengan mesin tempel, alat tangkap, dan baju pelampung.

"Tidak ada pilih kasih KUB nelayan yang menerima bantuan ini, semua ini berdasarkan proposal usulan bantuan kapal dari KUB nelayan," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Rahmad Hidayat di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu menanggapi isu terkait dengan instansi "pilih kasih" dalam menetapkan kelompok nelayan yang menerima bantuan sebanyak 20 unit kapal penangkap ikan lengkap dengan alat tangkap, mesin tempel dan baju pelampung.

Ia menyatakan instansi memberikan sebanyak 10 kapal yang lengkap dengan alat tangkap ikan, mesin tempel, dan baju pelampung kepada KUB nelayan di Kecamatan Ipuh berdasarkan proposal usulan dari kelompok nelayan tersebut.

Nelayan di Kecamatan Kota Mukomuko hanya mendapatkan empat unit kapal karena nelayan tersebut sebelumnya tidak tertarik dengan kapal berbahan fiber itu.

Sementara itu, kata dia, nelayan di Kecamatan Ipuh tertarik untuk mendapatkan bantuan kapal lengkap dengan alat tangkap, mesin tempel, dan baju pelampung.

"Kami sudah melakukan sosialisasi terkait program pemerintah membeli sebanyak 20 unut kapal dari bahan fiber, tetapi sebagian nelayan di Kecamatan Kota Mukomuko tidak tertarik terhadap kapal tersebut," ujar dia.

Untuk itu, kata dia, bantuan kapal lengkap dengan alat tangkap, mesin tempel dan baju pelampung tersebut lebih banyak untuk nelayan di Kecamatan Ipuh. ***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017