London (Antara/Reuters) - Rekor gol yang diukir penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane membuat dirinya dibicarakan banyak orang bahkan Arsene Wenger, manajer klub yang pernah membiarkan dia hengkang, turut bergabung dalam keramaian ini pada Rabu.

Manajer Arsenal Wenger pernah mengakui bahwa ia "sedikit kesal" ketika mengetahui bahwa klubnya pernah membiarkan Kane saat masih berusia sembilan tahun hengkang dari tim junior "The Gunners" junior untuk menjadi fenomena bersama salah satu rival terdekat sekaligus tersengit mereka.

Kini, setelah Kane menjadi pemain tersubur Eropa dalam satu tahun kalender pada Selasa dengan gol ke-26nya pada 2017 ketika Spurs menang 5-2 atas Southampton, bahkan Wenger tidak sungkan untuk memuji penyerang klub London Utara tersebut.

"Ia telah melakukannya dan akankah saya memprediksinya? Saya dengan rendah hati akan berkata tidak," aku Wenger, ketika ditanyai mengenai pencapaian Kane pada Rabu.

"Apa yang ia lakukan telah mengungguli orang-orang seperti (Lionel) Messi dan (Cristiano) Ronaldo, yang tidak terkalahkan di kepala saya, maka apa yang dilakukannya benar-benar fantastis."

Ketika Messi, yang mengoleksi 54 gol untuk Barcelona dan Argentina, dan Ronaldo (53 gol untuk Real Madrid dan Portugal), mengukir kesuksesan di Liga Spanyol, pencapaian penyerang Inggris ini menjadi semakin istimewa karena ditorehkan di Liga Inggris yang lebih kompetitif, menurut Wenger.

"Ya, itulah mengapa saya berkata bahwa apa yang ia capai benar-benar menakjubkan," kata Wenger, menggemakan ucapan para pengamat yang berharap pemain 24 tahun itu merupakan alasan sepak bola Inggris dapat bersuka cita menjelang tahun penyelenggaraan Piala Dunia.

Alan Shearer, yang rekor golnya sepanjang satu tahun kalender adalah 36 gol di Liga Inggris yang dipecahkan Kane saat melawan Southampton dalam perjalannya untuk mengukir trigol dan membuat ia total telah mengoleksi 39 gol, memperingatkan bahwa aksi heroik Kane akan menarik minat klub-klub raksasa seperti Real Madrid dan Barcelona.

"Tidak terelakkan lagi bahwa mereka akan menghubungi atau datang untuk bertanya, karena ia adalah pemain yang bagus dan tidak akan berada di tempat yang keliru di tim-tim tersebut," kata Shearer, pemilik rekor gol di Liga Inggris, kepada BBC.

Ia merasa bahwa Kane tidak akan mudah meninggalkan Spurs, kecuali mereka gagal memenangi gelar apapun.

"Merupakan sebuah peringatan besar jika Tottenham dalam dua atau tiga tahun tidak memenangi trofi dan penampilannya masih sebagus ini," kata Shearer. "Maka ia akan memiliki pertanyaan besar untuk ditanyakan, karena saya yakin klub-klub besar akan menghubungi."

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017