Bengkulu, (Antaranews Bengkulu) - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengizinkan sebanyak 10 kepala keluarga korban kebakaran di RT 04 RW 01 Kelurahan Jitra, Kecamatan Teluk Segara, untuk sementara menempati balai kota selagi rumah mereka dibangun kembali.
"Saya persilahkan warga untuk tinggal di balai kota selagi rumahnya masih dalam proses dibangun kembali. Bisa di guest house dan beberapa kamar di balai kota," kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Kamis.
Sebanyak 10 unit rumah warga hangus terbakar pada Rabu malam, pemicu kebakaran diduga akibat korsleting listrik.
Musibah kebakaran tersebut mendapat simpati dari Wali Kota Kota Bengkulu Helmi Hasan. Kamis sore (11/1/2018) Helmi Hasan datang mengunjungi langsung korban kebakaran yang ada di Kelurahan Jitra.
Dirinya juga menyampaikan, agar warga yang ditimpa musibah kebakaran banyak-banyak berdoa dan bersabar.
"Mudah-mudahan melalui musibah ini Allah menjadikan iman kita semakin kuat. Sabar jalani musibah ini, karna musibah ini suatu ujian bagi kita," ujar Helmi Hasan.
Selain itu, dirinya juga meminta agar para camat, lurah, dan RT setempat untuk tetap aktif memantau warganya yang tertimpa musibah.
“Saya juga mengimbau agar nantinya para tetangga untuk tidak sedih belarut karena di sini ada pemerintah yang siap membantu," kata dia.
Masyarakat juga diimbau untuk lebih meningkatkan jiwa sosial, salah satunya dengan cara membantu jika ada tetangga yang tertimpa musibah.
"Untuk pembangunan rumah nanti bisa dikoordinasikan melalui camat ke Dinas PUPR Kota Bengkulu agar kiranya dibantu untuk segera diperbaiki,†lanjut dia.
Salah seorang warga yang diwawancarai, Bustami, mengapresiasi Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan atas kepedulianya dalam memberikan motivasi kepada warganya yang tertimpa musibah.
“Saya mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Walikota Bengkulu bantuan yang diberikan kepada warga kami,†ungkapnya.
Pada kesempatan ini wali kota memberikan bantuan uang kepada warga senilai Rp5 juta dari saku pribadinya serta menyerahkan bantuan secara simbolis paket sembako, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.
Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya menghanguskan 10 rumah warga. Sebanyak tujuh rumah rusak total dan tiga rumah rusak ringan.
Data korban penerima bantuan kebakaran yakni:
Rumah Rusak Berat
1. Dedi imansyah
2. Herawati aswir
3. Lena panut
4. Ros samsudin
5. Abdul ajid
6. Syarif hidayat
7. Yulidar

Rumah Rusak Ringan
1. Nurah
2. Sri darto
3. Suparno
Pemerintah Kota Bengkulus sesegera mungkin merealisasikan perbaikan rumah korban, agar bisa ditempati kembali seperti sedia kala.(Adv)

Pewarta: Boyke LW

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018