Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sekitar 190 orang dari sembilan kabupaten/kota di provinsi setempat akan mengikuti Jambore Pemuda ke-11 yang digelar sekitar bulan Juli 2018 di daerah itu.

"Sebanyak 10 hingga 14 orang pemuda dari setiap kabupaten/kota yang akan mengikuti Jambore Pemuda di Kabupaten Mukomuko tahun ini," kata Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sutrisna Imam Sentosa di Mukomuko, Kamis.

Kabupaten Mukomuko pada tahun ini ditunjuk oleh pemerintah provinsi setempat sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan Jambore Pemuda Daerah tingkat provinsi ke-11.

Ia menyatakan, sebanyak 190 pemuda yang berasal dari sembilan kabupaten/kota tersebut akan berkumpul di daerah itu dan menjalin silahturahmi antarpemuda.

Selain itu, katanya, pemuda yang mewakili daerahnya masing-masing itu akan menampilkan keterampilan dan keahliannya.

Ada berbagai perlombaan dalam bidang tertentu saat Jambore Pemuda se-provinsi tersebut. Pemuda yang terbaik di tingkat provinsi setempat akan mengikuti Jambore Pemuda tingkat nasional.

Ia menyatakan, pemerintah daerah setempat tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp500 juta dalam APBD untuk keperluan daerah sebagai tuan rumah penyelenggaraan Jambore pemuda se-provinsi setempat.

Dana sebesar itu, sebutnya, mayoritas digunakan untuk pembangunan tenda, termasuk penyediaan berbagai fasilitas seperti tempat sarana mandi, cuci dan kakus (MCK).

Sementara itu, katanya, biaya penginapan masing-masing pemuda dari sembilan kabupaten/kota di provinsi setempat ditanggung oleh peserta. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018