Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Kalangan petani dalam teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong bisa memanfaatkan alat dan mesin pertanian milik TNI.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Budi Wirman di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan alsintan milik TNI tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian dan Mabes TNI AD pada 2017 lalu yang saat ini masih tersimpan di gudang Kodim daerah itu.

"Ada beberapa unit alsintan milik Kodim 0409/Rejang Lebong, masyarakat kalau mau menggunakannya silahkan berkoordinasi dengan staf teritorial Kodim, yang penting masyarakat membantu merawatnya karena ini punya negara," katanya.

Sedangkan untuk lama waktu pemakaiannya tambah dia, tergantung dengan pembagiannya yang dilakukan oleh staf teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong, termasuk pembagian waktu untuk setiap kabupaten yang membutuhkannya.

Alsintan yang milik Kodim 0409/Rejang Lebong ini di antaranya ialah satu unit traktor, kemudian 10 unit traktor tangan serta lima unit rice transplanter atau mesin tanam padi.

Untuk 10 unit traktor tangan atau hand tractor kata dia, saat ini sedang dipinjampakaikan dengan kelompok tani di wilayah Kabupaten Lebong, dan traktor besar rice transplanter tersimpan di gudang Makodim.

Bagi kelompok tani yang akan meminjam peralatan pertanian milik TNI tersebut dapat mengajukan surat resmi ke Kodim 0409/Rejang Lebong, di mana para petani dapat memakainya secara gratis. Namun kelompok tani yang meminjamnya harus merawat dan menjaganya sehingga tidak rusak.

Dia berharap, program peminjaman alsintan milik Kodim Rejang Lebong ini nantinya bisa membantu kalangan petani tersebar di tiga kabupaten dalam mengolah lahan pertanian mereka sehingga bisa meningkatkan hasil produksi pertanian di masing-masing wilayah guna menyuksekan program swasembada pangan nasional.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018