Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perhubungan mengusulkan rencana pembangunan jalur kereta api dari Kota Bengkulu menuju Kota Padang, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu yang berbatasan dengan Sumatera Selatan.

"Secara teknis trase jalur kereta api sudah disetujui oleh Dirjen Perkeretaapian tinggal menunggu tanda tangan persetujuan,? kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Budi Djatmiko di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan penetapan jalur, pembangunan sarana dan kontruksi jalur kereta api juga secara teknis sudah disetujui oleh Dirjen.

Setelah mendapat persetujuan dari Dirjen Perkeretaapian, selanjutnya jalur kereta api tersebut akan ditetapkan oleh Gubernur Bengkulu.

Budi menambahkan, pembahasan usulan pembangunan kereta api dari Bengkulu menuju perbatasan Sumatera Selatan itu sudah pernah dibahas di Ditjen Perkeretaapian.

"Ini pertemuan kedua di Ditjen Perkeretaapian, sudah masuk ke pembahasan teknis terace jalur dan tidak ada lagi masalah," ucapnya.

Pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Kabupaten Rejanglebong menuju Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu sepanjang 168 kilometer diprioritaskan untuk pengangkutan batu bara.

Daerah kabupaten dan kota yang dilintasi antara lain Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Seluma, Kepahiang dan Rejanglebong.

Pembangunan rel kereta api dari Desa Kota Padang Kabupaten Rejanglebong menuju Pelabuhan Pulau Baai merupakan salah satu proyek strategis untuk percepatan pembangunan daerah Bengkulu.

Selain pembangunan rel kereta api tersebut, pemerintah Bengkulu juga merencanakan pembangunan jalan tol dari Curup, Kabupaten Rejanglebong menuju Kota Bengkulu. ***1***

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018