Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pejabat Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan pendistribusian Bantuan Sosial Beras Sejahtera daerah ini untuk Januari 2018 sudah tercapai 100 persen.

"Saat ini pendistribusian Bansos Rastra jatah untuk bulan Januari bagi warga kurang mampu dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong sudah didistribusikan 100 persen," kata Kasi Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos dan PMD Rejang Lebong Ujang Sangkut, di Rejang Lebong, Selasa.

Bantuan beras yang dibagikan secara gratis tersebut, ujar dia, mulai didistribusikan sampai ke titik bagi yakni di kantor kecamatan masing-masing mulai pertengahan Januari lalu, dengan jumlah per keluarga penerima manfaat (KPM) tersebar dalam 156 desa dan kelurahan sebanyak 19.805 KPM.

Jumlah penerima Bansos Rastra tersebut, jata dia, tidak sama dengan data penerima rastra sebelumnya sebanyak 21.465 KPM, karena dihitung berdasarkan data kartu keluarga sejahtera (KKS) yang dikeluarkan Kemensos.

"Penerima Bansos Rastra ini sesuai dengan data KKS sebanyak 19.805 KPM, sedangkan data tambahan sebanyak 1.840 KPM masih diusulkan ke Kemensos dan sudah di proses," ujarnya pula.

Sejauh ini dari pemantauan pihaknya di lapangan, beras bantuan itu sudah sampai kepada warga yang berhak menerimanya di masing-masing desa dan kelurahan, selain itu mereka juga belum menerima komplain maupun laporan pungutan biaya pembelian beras dari masing-masing KPM penerima bantuan.

Bansos Rastra tahap pertama untuk Janurai ini total sebanyak 198.050 kg atau berkisar 198 ton, didistribusikan oleh Perum Bulog Subdivre Rejang Lebong sampai ke titik bagi di kantor kecamatan masing-masing.

Sedangkan untuk penyaluran Bansos Rastra tahap kedua jatah Februari mendatang, kata Ujang Sangkut, akan dilaksanakan pada awal bulan depan. Bantuan ini hanya bersifat sementara sambil menunggu pemberlakukan bantuan pangan nontunai (BNPT) diberlakukan pada Maret mendatang.***4***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018