Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu)-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan 396 peserta mengikuti seleksi tertulis calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk 15 kecamatan di daerah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah di lokasi pelaksanaan tes tertulis yang dilaksanakan di Aula STAIN Curup, Selasa, mengatakan pelaksanaan seleksi calon PPK untuk pemilu serentak 2019 kali ini merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Pendaftaran PPK kali ini memecahkan rekor dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya pendaftaran seleksi PPK ini yang mengikutinya sedikit dan hanya mencukupi kuota saja tetapi kali ini luar biasa banyaknya, kendati yang dipilih nantinya hanya tiga orang per kecamatan," katanya.

Peserta seleksi yang mengikuti tes tertulis hari itu tambah dia, berjumlah 396 orang. Jumlah peserta ini berkurang sebanyak 18 orang dari jumlah pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 414 orang dari total pendaftar sebanyak 448 orang.

Ratusan peserta seleksi calon PPK 15 kecamatan di Rejang Lebong mengikuti tes tertulis. (Foto Antarabengkulu)

Pada pelaksanaan tes tertulis yang mereka laksanakan ini, setiap diberikan 50 soal pilihan ganda dan lima soal esai, dengan waktu pengerjaan selama 90 menit. Sedangkan materi soalnya seputaran wawasan kebangsaan, mengenai pemilihan umum dan mengenai daerah Kabupaten Rejang Lebong.

Setelah menjalani tes tertulis tahapan selanjutnya pihak KPU Rejang Lebong akan mengoreksi hasil seleksi selama tiga hari ke depan, dan setelah itu akan enam besar untuk setiap kecamatan.

Peserta yang masuk enam besar ini kemudian masih akan mengikuti tes wawancara guna mencari tiga besar yang akan menjadi PKK di masing-masing kecamatan, dengan jumlah keseluruhannya nanti sebanyak 45 orang.

Dalam proses seleksi PPK itu sendiri kata Halid Saifullah, pelaksanaannya dilakukan secara transparan sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung hasil dari seleksi PPK untuk setiap kecamatan, karena pelaksanaannya selain diawasi oleh Panwaslu juga pihak kepolisian setempat.***2***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018