Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat akan membangun bronjong untuk penahan erosi sungai di Desa Arah Tiga.

"Pembangunan bronjong tersebut untuk penahan erosi sungai yang terus mengancam daratan di wilayah itu," kata Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Sunaji di Mukomuko, Selasa.

Anggaran untuk pembangunan bronjong tersebut sebesar Rp550 juta dalam yang bersumber dari dari dana alokasi umum (DAU) tahun ini.

Ia menyebutkan, pembangunan bronjong itu untuk penahan erosi sungai yang mengancam Mushola dan pemukiman penduduk di wilayah tersebut.

"Jarak daratan di wilayah tersebut sekitar tiga meter, atau jauh berkurang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Erosi sungai yang melanda wilayah itu selain mengancam bangunan rumah ibadah, mengurangi luas daratan, termasuk pemukiman penduduk.

Ia menyatakan, pemerintah daerah setempat segera membangun bronjong tersebut sebesar Rp550 juta sehingga proses pengadaan melalui unit layanan pelelangan setempat.

Sedangkan pelaksana kegiatan ini pihak ketiga, atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah yang menang dalam tender proyek pembangunan bronjong.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018