Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Minggu, memberangkatkan 19 peserta guna mengikuti pelatihan kerja di Kota Bekasi.

Kepala Disnakertrans Rejang Lebong, Dwi Purnamasari, usai pelepasan peserta pelatihan kerja di halaman Disnakertrans setempat mengatakan, 19 peserta yang akan mengikuti pelatihan kerja tersebut berasal dari 15 kecamatan di daerah itu.

"Peserta yang diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan kerja ini sebanyak 19 pemuda. Mereka ini akan mengikuti pelatihan di Balai Besar Pelatihan Tenaga Kerja di Kota Bekasi," katanya.

Adapun para peserta yang mengikuti pelatihan tenaga kerja ini tambah dia, akan terbagi dalam empat keahliaan yakni jaringan komputer sebanyak enam orang, mobile programing empat  orang, tekhnik instalasi v-sat empat orang dan clouding programing  lima orang.
. Peserta pelatihan kerja asal Kabupaten Rejang Lebong yang akan berangkat ke Bekasi. (Foto dok Disnakertrans Rejang Lebong) 

Para peserta yang diberangkatkan itu, adalah para pemuda yang berasal dari 15 kecamatan di Rejang Lebong, di mana sebelumnya mereka ini mendaftarkan diri ke Disnakertrans Rejang Lebong setelah pihaknya membuat pengumuman pembukaan pendaftaran pelatihan kerja ke Kota Bekasi.

Selain memberangkatkan 19 orang untuk mengikuti pelatihan kerja di Bekasi, pada 25 Maret mendatang pihaknya juga akan mengirim tiga orang guna mengikuti pelatihan keterampilan mengelas di Serang, Banten.

"Untuk peserta yang mengikuti pelatihan di Bekasi ini nantinya akan mengikutinya selama 2,5 bulan. Setelah selesai mereka akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan, atau mereka juga bisa membuka usahanya sendiri dengan ilmu yang didapat," ujarnya.

Sertifikat keahlian yang mereka dapatkan itu kata Dwi Purnamasari bisa juga digunakan untuk mengikuti program magang ke Jepang, karena pemerintah Indonesia telah bekerjasama dengan pemerintah Jepang, yang sampai saat ini jumlahnya sudah mencapai 73.000 orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018