Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menyebutkan daerah itu saat ini masih kekurangan tenaga dokter untuk ditempatkan di 21 Puskesmas.

"Saat ini dari 21 Puskesmas yang ada di Rejang Lebong masih ada yang belum memiliki dokter, sehingga ada seorang dokter yang ditugaskan menangani dua Puskesmas yang berbeda," kata Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Asli Samin, saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Masih kurangnya tenaga dokter yang bertugas dalam 21 Puskesmas guna melayani masyarakat dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong tersebut, tambah dia, bisa dilihat dengan adanya rangkap jabatan tenaga dokter yang bertugas di Puskesmas Bangun Jaya, Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Puskesmas Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu.

Dua Puskesmas yang berbeda itu ditangani oleh satu orang tenaga dokter, akibatnya pelayanan kepada masyarakat yang akan berobat menjadi tidak maksimal.

Idealnya satu Puskesmas di Rejang Lebong memiliki satu orang tenaga dokter.

Untuk mengatasi hal itu, Dinas Kesehatan akan mengusulkan pemenuhan kebutuhan tenaga dokter baik melakukan Pemkab maupun mengusulkannya ke pemerintah pusat, sehingga pelayanan kesehatan di masing-masing Puskesmas bisa maksimal.

"Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong sudah berkomitmen akan memenuhi kebutuhan dokter di setiap Puskesmas yang ada di sini sehingga pelayanan kesehatan dasar bisa dipenuhi terlebih lagi program kesehatan ini merupakan program unggulan Pemkab Rejang Lebong," ujarnya.

Sementara itu dari 21 Puskesmas yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong, tujuh di antaranya sudah memiliki fasilitas rawat inap.

Ketujuh Puskesmas ini antara lain berada di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau yakni Puskesmas Kepala Curup di Kecamatan Binduriang, Puskesmas Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Seterusnya Puskesmas Kecamatan Kota Padang, Puskesmas Kecamatan Sindang Dataran dan Puskesmas Sindang Jati di Kecamatan Sindang Kelingi. Kemudian dua Puskesmas lainnya berada di Jalan Lintas Curup-Kabupaten Lebong, yakni Puskesmas Bangun Jaya di Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Puskesmas Air Pikat di Kecamatan Bermani Ulu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018