Jakarta (Antaranews Bengkulu) - Tim Liga 1 Indonesia Persija Jakarta berhasil menaklukkan tim Vietnam Song Lam Nghe An (SLNA) di laga lanjutan Grup H Piala AFC 2018, dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu, dicetak penyerang asal Brazil Addison Alves di menit tambahan atau "injury time" babak kedua.

Di laga tersebut, pelatih Persija Stefano "Teco" Cugurra menurunkan pemain terbaiknya sejak menit pertama seperti Marko Simic, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Maman Abdurahamn dan Jaimerson da Silva.

Hasilnya, Persija tampil menekan sejak wasit asal Hong Kong Ho Wai Sing meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Di menit keenam, Persija membuka peluang melalui tendangan jarak jauh Maman Abdurahman yang melebar dari gawang SLNA yang dikawal Le Quang Dai.

Tim berjuluk Macan Kemayoran yang mengandalkan kecepatan sisi sayap terutama melalui Riko Simanjuntak kemudian membuat peluang lagi di menit ke-22. Sayang, tendangan saltonya memanfaatkan umpan Riko melambung di atas gawang lawan.

Marko Simic membuat setidaknya tiga peluang lain di babak pertama. Akan tetapi, tidak ada yang menemui sasaran.

Baca juga: Piala AFC - Addison Alves lega jadi penentu kemenangan untuk Persija

Penonton di SUGBK sempat bergemuruh setelah Riko Simanjuntak mencetak gol di menit ke-45+2. Sayang gol itu tidak disahkan oleh wasit yang menganggap Riko dalam posisi "offside". Skor 0-0 pun bertahan sampai paruh pertama pertandingan usai.

Di babak kedua, Persija praktis menguasai pertandingan sementara SLNA hanya mengandalkan serangan balik. Demi menambah daya gedor, Teco memasukkan penyerang asal Brazil Addison Alves de Oliveira menggantikan gelandang Rohit Chand.

Pergantian itu menunjukkan membuat serangan Persija semakin deras. Di menit ke-61, Addison Alves melepaskan tendangan yang ditepis kiper Le Quang Dai.

Addison bahkan sempat membuat gol lima menit setelahnya, tetapi lagi-lagi dianulir wasit karena dianggap "offside".

Setelah itu, kesempatan demi kesempatan mencetak gol terus datang dari Persija. Sundulan Simic dua kali mengancam gawang SLNA menit ke-69 dan ke-71 tetapi yang pertama berhasil diblok serta selanjutnya melebar.

Gol akhirnya datang di menit tambahan babak kedua melalui tendangan voli Addison Alves dari dalam kotak penalti.

Gol yang membuat sekitar 40.000 penonton di SUGBK bersorak kegirangan itu membuat skor menjadi 1-0 yang bertahan sampai pertandingan usai.

Dengan hasil itu, Persija Jakarta sudah mengumpulkan tujuh poin dan memimpin klasemen sementara Grup H Piala AFC 2018, dari hasil dua kali menang, satu seri dan satu kalah.

Jumlah poin itu sama dengan poin yang direngkuh oleh SLNA yang berada di urutan kedua tetapi kalah "head to head" dari Persija.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018