Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan merekrut kader kesehatan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah setempat dengan target 20.000 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Asli Samin di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan keberadaan kader kesehatan untuk membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan pelibatan masyarakat setempat.

"Kader kesehatan yang kami rekrut ini berasal dari masing-masing dusun atau RT, di mana masing-masing dusun atau RT ini di tempat 28 orang kader kesehatan yang berasal dari kalangan masyarakat setempat," katanya.

Kader kesehatan yang direkrut itu, katanya, setiap dusun atau RT berjumlah 28 orang yang direkrut berdasarkan program kerja dari setiap puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong.

Setiap puskesmas memiliki 14 program, di mana setiap programnya di setiap dusun atau RT harus memiliki dua kader kesehatan sehingga jumlah kader di setiap dusun atau RT 28 orang.

"Di Rejang Lebong ini ada 21 puskesmas tersebar dalam 15 kecamatan, secara bertahap masing-masing puskesmas ini akan memiliki kader kesehatan sesuai dengan yang sudah kita sepakati ditargetkan mencapai 20.000 kader," ujarnya.

Sejauh ini kader kesehatan yang sudah direkrut dan menjalani pelatihan, kata Asli Samin, mencapai 1.600 orang, di antaranya 800 orang sudah menjalani pelatihan sesuai dengan bidangnya di bawah naungan Puskesmas Kecamatan Sindang Dataran. Selain itu, 800 orang lainnya di wilayah kerja Puskesmas Kampung Delima, Kecamatan Curup Selatan.

Kalangan masyarakat yang dilibatkan sebagai kader kesehatan akan mengikuti pelatihan selama 21 hari dengan materi penyuluhan kesehatan dan upaya apa saja yang bisa mereka lakukan dalam membantu masyarakat saat membutuhkan layanan kesehatan.

Untuk itu, dia berharap, kalangan warga yang dilibatkan sebagai kader kesehatan di tingkat dusun dan RT tersebar dalam 156 desa dan kelurahan di Rejang Lebong nantinya dapat mengikuti pelatihan yang mereka berikan sehingga bisa diterapkan di tempat tinggal masing-masing.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018