Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Harga jual cabai merah keriting di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengalami penurunan dari Rp40.000 menjadi Rp35.000 per kilogram.

Menurut keterangan Syamsul (53) pedagang cabai merah di kawasan Pasar Atas Curup, Rabu, penurunan harga jual cabai merah tersebut terjadi dalam beberapa hari belakangan seiring dengan mulai banyaknya pasokan dari petani di daerah itu.

"Harganya turun Rp5.000 per kg, saat ini mulai banyak pasokan dari petani karena sudah banyak yang panen," katanya.

Harga jual cabai merah di daerah itu tambah dia, untuk kualitas bagus atau halus dijual pedagang rata-rata Rp35.000, kemudian untuk jenis kasar Rp30.000 per kg.

Selain harga cabai merah yang mengalami penurunan hal yang sama juga terjadi pada harga jual cabai hijau dari Rp20.000 menjadi Rp18.000 per kg.

Hal serupa juga terjadi pada penjualan cabai rawit yang sebelumnya mencapai Rp35.000 menjadi Rp28.000-30.000 per kg.

"Harga cabai merah di Rejang Lebong ini mahal karena hasil tanaman petani di sini banyak dikirim ke luar daerah, akibatnya harga jual cabai melambung," ujarnya.

Sementara itu selain harga cabai merah dan cabai rawit yang mengalami penurunan harga walaupun tidak seberapa, harga jual aneka sayuran di daerah itu juga masih rendah seperti pada penjualan kol bulat, tomat, daun bawang, sawi manis dan lainnya.

"Harga sayuran saat ini masih rendah, cuma sawi pahit yang masih bertahan dikisaran Rp5.000 per kg, sedangkan yang lainnya masih rendah," kata Erna salah seorang pedagang sayuran yang ada di Jalan King Pasar Atas Curup.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018