Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pergeseran sebagian lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang akan dicetak menjadi sawah baru di daerah itu.

"Kami mengusulkan pergeseran lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru di Desa Rawa Mulya ke Desa Kota Praja," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin di Mukomuko, Selasa.

Ia menyatakan, instansinya mengusulkan pergeseran lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang akan dicetak menjadi sawah baru karena di lahan seluas 38 hektare di wilayah tersebut belum ada jaringan irigasi tersier.

Ia mengusulkan, lokasi lahan perkebunan kelapa sawit di Desa Kota Praja, Kecamatan Air Manjuto karena lahan di wilayah itu sudah ada jaringan irigasi tersier.

"Lahan perkebunan di Desa Kota Praja juga dekat dengan jaringan irigasi tersier," ujarnya.

Selanjutnya pihak pelaksana program cetak sawah baru dari Markas Komando Rayon Militer akan mensurvey lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang diusulkan untuk dicetak menjadi sawah baru.

Kabupaten Mukomuko tahun ini kembali mendapat program cetak sawah baru seluas 400 hektare dari pemerintah pusat.

Luas lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru pada melalui program cetak sawah baru tahun ini lebih sedikit dibandingkan sebelumnya mencapai ribuan hektare.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018