Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan pembangunan "Sheet Pile" atau bangunan penahan erosi Sungai Selagan di daerah itu ditunda pada 2019.

"Pembangunannya tahun 2019. Pembangunan Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai diprioritaskan oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Rabu.

BWS Sumatera VII berencana membangun Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai Selagan di Pantai Indah Mukomuko Kelurahan Koto Jaya pada tahun ini.

Namun rencana itu batal karena sesuatu hal sehingga pembangunannya Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai Selagan ditunda tahun 2019.

Ia menyatakan, pihak BWS Sumatera VII telah membuat Detail Engineering Design (DED) atau detail bangunan Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai tersebut.

Karena DED sudah ada, selanjutnya realisasi anggaran untuk pembangunan Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai Selagan yang bersumber dari APBN.

Ia menyebutkan, alokasi anggaran pembangunan Sheet Pile untuk penahan erosi Sungai Selagan di daerah itu sebesar Rp20 miliar.

Ia menyatakan, BWS membangun bangunan itu untuk pengaman benteng peninggalan Inggris "Fort Van Anna" dan pemukiman penduduk di Pantai Indah Mukomuko, Kelurahan Koto Jaya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018