Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan pihak kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah telah memperbaiki sejumlah pipa PDAM Tirta Selagan yang mengalami kebocoran.

"Pipa PDAM yang mengalami kebocoran telah diperbaiki. Pengerjaan perbaikan pipa PDAM yang bocor itu selama sebulan ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Rabu (25/4).

Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun 2017 mengalokasikan dana sekitar Rp15,5 miliar untuk kegiatan pemasangan pipa PDAM Tirta Selagan sepanjang 16 kilometer dari Sungai Rengas Desa Pondok Kopi menunju Desa Pondok Batu Kecamatan Kota Mukomuko.

Apriansyah menjelaskan, sejumlah pipa PDAM Tirta Selagan yang mengalami kebocoran itu terdapat pada sambungan pipa tersebut.

Menurutnya, sejumlah sambungan pipa PDAM Tirta Selagan di wilayah itu mengalami kebocoran diduga karena kencangnya dorongan air yang melalui pipa PDAM tersebut.

"Pada saat air yang keluar pertama itu terlalu kuat sehingga pipa tidak mampu menahan dorongannya," ujarnya.

Direktur PDAM Tirta Selagan Suryadi menyatakan karena pipa PDAM mengalami kebocoran sehingga air belum bisa mengalir ke sejumlah wilayah termasuk Desa Pondok Batu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia menyatakan, warga di Desa Pondok Batu saat ini mengharapkan air bersih mengalirkan ke rumahnya masing-masing. Warga di wilayah itu menggunakan air yang kurang bersih.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018