Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah meminta pengurus Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Bengkulu turut berpartisipasi mengembangkan inovasi pembangunan sektor peternakan.

"Masyarakat dan pemerintah Provinsi Bengkulu menanti partisipasi, inovasi dan kreativitas pengurus PDHI dalam membangun sektor peternakan," kata Rohidin di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu saat menyaksikan pengukuhan Pengurus PDHI Cabang Bengkulu oleh Ketua Pengurus Besar Ketua Umum PDHI Pusat, Heru Setijanto di Gedung Balai Semarak, Kota Bengkulu.

Pembangunan sektor peternakan menurut Rohidin yang juga tercatat sebagai Pembina PDHI Cabang Bengkulu merupakan salah satu prioritas daerah, terutama rencana pembangunan terminal karantina hewan nasional di wilayah Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu.

Terminal karantina hewan tersebut sudah masuk dalam perencanaan Kementerian Pertanian sehingga pemerintah daerah mengharapkan dukungan PDHI untuk mewujudkan hal tersebut.
 
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah meminta pengurus Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Bengkulu turut berpartisipasi mengembangkan inovasi pembangunan sektor peternakan. (Foto Antarabengkulu.com/Helti Marini S)


"Bengkulu memiliki potensi untuk menjadi terminal karantina hewan nasional karena secara iklim sangat tepat, pakan banyak dan infrastruktur pendukung lain juga tersedia," ucap lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada ini.

Selain membangun terminal karantina hewan, pemerintah daerah melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga mengembangkan inovasi peternakan melalui Badan Usaha Milik Petani (BUMP) yang dikhususkan mewadahi membina kelompok peternak sapi.

Sementara Ketua PDHI Cabang Bengkulu, Hafli Hasibuan yang menggantikan Syarkawi mengatakan siap mendukung program pemerintah daerah dalam pengembangan sektor peternakan.

"Kami siap berkontribusi dalam pembangunan sektor peternakan di Provinsi Bengkulu dan melanjutkan program pengurus sebelumnya," katanya.

Hadir Pengurus Besar Ketua Umum PDHI Pusat, Heru Setijono yang mengukuhkan para pengurus mulai dari ketua, wakil ketua, sekretaris serta para koordinator kabupaten dan kota.(Adv)

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018