Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu melepaskan sekitar 60 tukik atau anak penyu di Pantai Pandan Wangi, Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Kabid Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Rosdin Efendi saat dihubungi dari Mukomuko, Sabtu, menyatakan Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin diwakili oleh Asisten pemerintah provinsi setempat melepaskan puluhan tukik di pantai daerah itu.

Ia menyatakan, jumlah tukik yang dilepaskan di lokasi objek wisata Pantai Pandan Wangi di Kelurahan Koto Jaya lebih sedikit dari rencana awal instansi itu melepaskan sebanyak ratusan tukik.

"Kita berencana melepaskan ratusan tukik yang berukuran kecil dan besar di pantai daerah ini. Tetapi yang ada sekarang ini hanya sebanyak puluhan tukik," ujarnya.

Sedangkan sebanyak puluhan tukik yang dilepaskan di pantai daerah itu berasal dari warga yang tergabung dalam kelompok penangkaran telur penyu di wilayah Kecamatan Ipuh.

Ia menyatakan, warga Kecamatan Ipuh tersebut rutin melakukan kegiatan penangkaran telur penyu di sepanjang pantai di wilayahnya.

Sedangkan instansinya memberikan pembinaan terkait cara penangkaran telur penyu yang baik kepada sejumlah kelompok di daerah tersebut.

Pemerintah setempat sejak beberapa tahun membangun sarana penunjang penangkaran tukik di Selain itu kelompok yaniKami memberikan pembinaan kepada kelompok Kelompok ini di bawah pembinaan instansi ini," ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018