Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu berencana membentuk kelompok penangkar ikan mikih yang diduga hanya ada di Sungai Air Dikit dan Air Manjuto.

"Kami berencana membentuk kelompoknya terlebih dahulu, setelah ada kelompok menyusul program untuk melakukan penangkaran ikan mikih," kata Kabid Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Am Azbas Novyan, di Mukomuko, Selasa.

Ia berharap, setelah ada kelompok, kemudian kelompok ini secara mandiri membuat tempat penangkaran ikan mikih di wilayah aliran Sungai Air Dikit yang menjadi habitat ikan ini.

Tetapi setelah ada kelompoknya, katanya, instansinya akan berusaha mengusulkan dana untuk membiayai kegiatan kelompok yang melakukan penangkaran ikan mikih.

"Kalau sekarang ini bagaimana dinas mengusulkan anggaran untuk membiayai kegiatan yang belum berjalan di daerah ini," ujarnya.

Menurutnya, kelompok ini tidak mesti harus mengerti seluruhnya tentang cara penangkaran ikan mikih yang baik. Minimal mereka ini memiliki tekad yang kuat untuk melakukan penangkaran ikan ini.

Karena ada orang teknis dari Balai Benih Ikan (BBI) daerah ini yang akan membantu mereka melakukan penangkatan ikan mikih.

Selain itu, BBI yang akan membantu penangkaran sebagian anak ikan mikih, kemudian sebagiannya lagi oleh kelompok tersebut.

Ia menyatakan, kegiatan seperti sebagai bentuk uji coba awal untuk membudidayakan ikan mikih di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018