Jakarta, (ANTARA Bengkulu) - Menyambut Bulan Pengurangan Risiko Bencana pada Oktober 2012 nanti, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB ) akan mengadakan serangkaian Lomba Kreativitas Bidang Kebencanaaan berhadiah ratusan juta rupiah sebagai upaya untuk mengembangkan minat masyarakat dalam penanggulangan bencana.
        
"Acara ini diharapkan mampu untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap upaya pengurangan risiko bencana," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB, Dr. Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta.
        
Lomba Kreativitas Bidang Kebencanaan ini terdiri atas beberapa kegiatan, antara lain Lomba Foto, Lomba karya Tulis, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, serta Penominasian Tokoh Inspiratif dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia.
        
Lomba tersebut terbuka untuk umum, telah secara resmi dibuka dan akan ditutup pada 1 Oktober 2012. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan diselenggarakan pada Malam Anugerah Lomba Kreativitas, Oktober 21012 mendatang, di Jakarta.
        
Menurut Sutopo, dengan adanya penominasian tokoh inspiratif dalam penanggulangan bencana ini, nantinya akan ada teladan bagi masyarakat untuk melihat bagaimana mereka mampu memainkan peran dalam upaya pengurangan risiko bencana.
        
"Perubahan sikap masyarakat itu yang nantinya ingin kita capai" ujarnya.
        
Bagi masyarakat dan wartawan yang berminat, dapat mengirimkan foto, karya tulis, dan film dokumenter yang dibuat sendiri kepada Panitia Lomba Kreativitas BNPB 2012, Pusdatinmas BNPB, Jakarta.
        
Hal yang sama juga berlaku untuk penominasian tokoh inspiratif, masyarakat maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat mengajukan calon yang dirasakan cukup berperan dalam upaya penanggulangan bencana kepada panitia.
        
Untuk mengetahui teknis pelaksanaan perlombaan, masyarakat atau peserta lomba bisa melihat situs BNPB www.bnpb.go.id, kata Sutopo. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012