Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memfasilitasi pembentukan kelompok yang melakukan penangkaran "mikih", ikan langka di Sungai Air Dikit dan Air Manjuto, agar keberadaannya tidak punah.

"Kami fasilitasi pembentukan kelompok dalam tahun ini, selanjutnya kelompok ini yang memulai melakukan aktivitas penangkaran ikan mikih," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Eddy Aprianto di Mukomuko, Jumat.

Selain itu, ia menyatakan, instansinya memfasilitasi kelompok ini untuk mendapatkan dana untuk membiayai kegiatan kelompok dalam melakukan penangkaran ikan mikih dalam tahun ini.

Dinas Kelautan dan Perikanan setempat akan mengusulkan dana untuk membiayai berbagai kegiatan kelompok penangkar ikan mikih di APBD tahun 2019.

Saat ini instansinya sedang membuat rencana kegiatan anggaran (RKA) dinas itu untuk tahun 2019. Instansinya mengusulkan dana untuk pembiayaan kegiatan kelompok penangkar ikan mikih.

Ia menyatakan, kelompok ini akan beberja sama dengan Balai Benih Ikan (BBI) untuk melakukan kegiatan penangkaran ikan mikih.

BBI yang akan membantu penangkaran sebagian anak ikan mikih, kemudian sebagiannya lagi oleh kelompok tersebut.

Ia menyatakan, kegiatan seperti sebagai bentuk uji coba untuk membudidayakan ikan mikih di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018