Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut, Kota Bengkulu nomine situs wisata sejarah terpopuler Anugerah Pesona Indonesia 2018 yang digelar Kementerian Pariwisata.

"Ada dua objek wisata Bengkulu yang masuk nominasi, yaitu Rumah Bung Karno dan Bukit Kandis," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan objek wisata sejarah Rumah Bung Karno yang ditempati semasa menjalani pengasingan di Bengkulu pada 1938-1942 nomine wisata sejarah terpopuler, sedangkan Bukit Kandis di Kabupaten Bengkulu Tengah nomine wisata olahraga dan petualangan.

Untuk menjadikan dua objek wisata tersebut sebagai pemenang atau terpopuler, maka dibutuhkan dukungan masyarakat dengan menyampaikan pesan singkat ke nomor tujuan yang ditentukan panitia dan menyebarluaskan melalui media sosial.

"Ini momentum bagi kita untuk mengenalkan objek wisata Bengkulu ke kancah nasional dan internasional," ucapnya.

Rudi mengatakan pemerintah daerah bersama masyarakat harus berkolaborasi mendukung promosi pariwisata daerah melalui ajang API tersebut.

Tahun sebelumnya, tambah dia, dua objek wisata Bengkulu, yakni minuman tradisional terpopuler Teh Olong dari Kabupaten Kepahiang dan tempat berselancar terpopuler Pantai Teluk Sepang di sudut Kota Bengkulu.

Ajang Anugerah Pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan laman www.ayojalanjalan.com untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. 

Penyelenggaraan API juga bertujuan mendorong peran serta berbagai pihak, terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018