Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu menggelar pemeriksaan kelayakan transportasi untuk angkutan Lebaran 2018 baik angkutan udara maupun darat pada Rabu.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Budi Djatmiko di Bengkulu, menyebutkan pemeriksaan kali ini digelar untuk transportasi darat baik antarkota dalam provinsi, maupun antarkota antarprovinsi.

"Kami bersyukur semua yang dicek dinyatakan layak jalan, dan untuk memberi informasi kepada penumpang kami pasang stiker di kaca depan bus untuk yang layak," kata dia.

Menurut dia, pengecekan menyasar transportasi darat oleh karena dalam dua atau tiga hari ke depan diprediksi merupakan puncak arus mudik.

"Untuk pesawat, tiketnya habis terjual, jadi masyarakat tentunya memilih menggunakan angkutan darat seperti bus, nah kami perlu antisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan dan pemudik tidak khawatir," kata dia.
 
Cek kelayakan kendaraan mudik lebaran. (Foto Antarabengkulu/Boyke LW)


Beberapa poin pengecekan, lanjut Budi, yakni seperti kondisi ban mobil, mesin, seluruh lampu, perangkat kemudi mobil, terutama rem.

Bekerja sama dengan kepolisian dan badan narkotika, Dishub Bengkulu juga mengecek kesehatan sopir serta memastikan bebas dari minuman keras, juga narkoba.

"Termasuk surat pendukung seperti surat jalan, perizinan trayek, surat tanda kendaraan bermotor dan izin mengemudi, kami bekerjasama dengan kepolisian," ujarnya.

Sementara itu, kepolisian menggelar apel pasukan pengamanan mudik lebaran pada Rabu sore, kepolisian juga menyiapkan sejumlah pos pengamanan mudik dan balik lebaran di sepanjang jalur lintas barat Sumatera.

"Tadi kita juga mengecek kondisi mobil, bagus-bagus semua, pengecekan ini akan dilanjutkan untuk seluruh angkutan lebaran, kita yang datang langsung ke kantor perusahaan transportasi," pungkas Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu Kombes Pol Jefri.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018