Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan Calon Jamaah Haji daerah itu yang akan berangkat haji tahun ini tergabung dalam kelompok terbang (kloter) delapan.

"Sebanyak 235 CJH Rejang Lebong yang akan berangkat haji tahun ini tergabung dalam kloter delapan bersama dengan CJH asal Kabupaten Bengkulu Selatan dan sebagian lagi dari Kota Bengkulu," kata Kepala Kemenag Rejang Lebong H Tasri di Rejang Lebong.

Kalangan CJH Rejang Lebong ini tambah dia, akan berangkat melalui embarkasi induk di Padang, Sumatera Barat, melalui embarkasi sementara di Kota Bengkulu.

Kalangan CJH ini akan diberangkatkan ke asrama haji Bengkulu pada 24 Juli mendatang dan pada malamnya sudah diterbangkan ke embarkasi Padang, di mana untuk pelepasan CJH ini akan dilakukan dari Masjid Agung Baitul Makmur Curup oleh bupati setempat.

Sedangkan untuk pelunasan BPIH kata dia, 235 CJH ini sudah melunasinya semua kendati pada pelunasan tahap pertama terdapat 11 orang yang tidak melunasinya, sehingga pada pelunasan tahap kedua pada pertengahan Mei lalu diganti dengan CJH lainnya yang juga berasal dari Rejang Lebong.

"Untuk yang 11 orang ini diambil daftar cadangan yang disiapkan sebelumnya, hal ini guna mengantisipasi jika ada yang tidak bisa melunasi BPIH sehingga kuota haji kita tetap terisi penuh yakni sebanyak 235 orang," ujarnya.

Sementara itu untuk persiapan keberangkatan haji 2018 ini pihaknya masih akan melaksanakan 10 kali manasik atau pelatihan haji dengan rincian tingkat kecamatan sebanyak delapan kali dan tingkat kabupaten dua kali.

"Dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong terbanyak berasal dari Kecamatan Curup Tengah yang mencapai 75 orang, kemudian dua kecamatan lainnya tidak ada CJH nya yakni Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018