Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Perkembangan harga jual ayam potong menjelang lebaran di pasar tradisional dalam Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengalami kenaikan hingga mencapai Rp40.000 per kilogram.

Yadi, salah seorang pedagang ayam potong di kawasan Pasar Atas Curup, Rabu mengatakan, harga ayam potong yang mereka jual tersebut mengalami kenaikan Rp5.000 dari harga sebelumnya bekisar Rp35.000 per kg.

"Harganya ayam potong ini sebelumnya sempat turun menjadi Rp32.000 kemudian naik menjadi Rp35.000 dan hari ini kembali naik menjadi Rp40.000 per kg," ujar dia.

Adanya kenaikan harga ayam potong ini, tambah dia, karena pasokan ayam potong dari agen mulai berkurang, padahal mendekati hari raya Idul Fitri kecenderungan pembelian dari masyarakat bertambah sehingga harga jual akan mengalami kenaikan signifikan.

Sementara itu selain daging ayam yang mengalami kenaikan juga terjadi pada harga jual telur ayam, saat ini harga telur ayam ukuran sedang dijual pedagang Rp40.000 per karpet (isi 30 butir) dan untuk ukuran jumbo dijual Rp46.000 per karpet.

"Harga telur ini mengalami kenaikan sejak memasuki bulan puasa Ramadhan kemarin dan sampai sekarang masih bertahan," kata Manto, salah seorang agen telur di kawasan Pasar Atas Curup.

Pantauan di Pasar Atas Curup H-2 lebaran Idul Fitri terlihat dipenuhi oleh kalangan masyarakat dari berbagai kecamatan yang akan berbelanja kebutuhan pokok, lauk-pauk maupun kebutuhan lainnya.

Ramainya pengunjung ini membuat jalan di pasar itu mengalami kemacetan akibatnya banyaknya kendaraan roda dua dan empat yang parkir maupun pedagang yang berjualan di pinggiran jalan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018