Bengkulu (Antara Bengkulu) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bengkulu, Prof Rohimin mengimbau seluruh umat agar cerdas menggunakan media sosial (medsos) yaitu menggunakan media tersebut untuk hal-hal positif yang meningkatkan kualitas kehidupan umat.

"Mari gunakan media sosial untuk hal-hal positif yang membangun kemaslahatan dan kebaikan kita bersama," kata Prof Rohimin saat menjadi khotib sholat Ied 1439 Hijriah di Masjid Baitul Izzah Kota Bengkulu, Jumat.

Menurut dia, media sosial memiliki peran strategis untuk menyampaikan berbagai hal baik pesan positif maupun negatif.

Karena itu, umat harus mampu memilah informasi yang benar dan positif untuk disebarluaskan dan menghindari informasi yang belum tentu kebenarannya atau dikenal dengan istilah hoaks.

"Jangan terpancing dengan berita-berita yang hoaks karena pembuat berita itu juga punya tujuan tidak baik," ucapnya.

Rohimin juga mengajak seluruh umat untuk kembali merenungkan makna dan hikmah bulan puasa yaitu menahan lapar, dahaga, nafsu dan kemarahan.

Setelah ramadhan berlalu, ia mengharapkan umat tetap memegang semangat bulan suci yakni menahan amarah dan sifat negatif lainnya yang merugikan diri sendiri.

Sholat Ied di Masjid Baitul Izzah berlangsung khidmat meski suasana gerimis mengguyur Kota Bengkulu dan sekitarnya sejak Jumat pagi.

Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah juga mengikuti sholat Ied di masjid milik Pemprov Bengkulu itu.

Sebelum sholat dimulai pukul 17.20 WIB, terlebih dahulu digelar sambutan dari pengurus masjid dan Plt Gubernur Bengkulu, sholat, cemarah dan diakhiri salam-salaman, saling memaafkan.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018