Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Sejumlah pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang berhenti karena libur Lebaran 2018 selama sepuluh hari, kini beroperasi lagi mengolah minyak mentah kelapa sawit.

Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Rabu, mengatakan, sejumlah pabrik CPO yang beroperasi lagi yakni PT Daria Darma Pratama (DDP) di Kecamatan Ipuh dan Lubuk Bento, PT BMK, PT USM dan PT SAP.

"Pabrik CPO tersebut berhenti beroperasi sejak tanggal 11 Juni 2018, atau sepuluh hari yang lalu," ujarnya.

Masih ada sejumlah pabrik CPO di daerah itu yang mulai beroperasi tanggal 21 Juni 2018, yakni PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA), PT MMIL, PT KAS dan PT KSM dan PT AMK.

Seluruh pabrik CPO di daerah itu mulai efektif melaksanakan aktivitas membeli dan mengolah minyak mentah kelapa sawit tanggal 21 Juni tahun ini.

Mayoritas pedagang pengumpul tandan buah segar kelapa sawit mulai hari Rabu ini antre menjual hasil panen tandan buah segar kelapa sawit ke pabrik CPO di daerah itu.

"Petani masih punya kesempatan beberapa hari ke depan untuk menjual buah sawit ke pabrik CPO di daerah ini," ujarnya.

Ia memastikan, banyak mobil dum truk yang mengangkut TBS kelapa sawit antrean menjual buah sawit ke sejumlah pabrik CPO di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018