Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menetapkan Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Teras Terunjam, sebagai wakil daerah itu mengikuti lomba desa tingkat provinsi.

"Desa Tunggal Jaya ditetapkan sebagai desa terbaik pertama tingkat kabupaten berdasarkan SK bupati, selanjutnya desa tersebut mewakili Mukomuko mengikuti lomba desa tingkat provinsi," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis.

Ia menyatakan, penetapan desa terbaik pertama tingkat kabupaten itu berdasarkan hasil keputusan tim gabungan yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bidang pemerintahan pemerintah setempat.

Kemudian bidang kesejahteraan, lintas sektoral, Bapelitda, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil, polisi, BPBD dan akademisi.

Tim ini bertugas menilai sebanyak 15 desa terbaik yang mewakili kecamatannya untuk mengikuti perlombaan desa terbaik tingkat kabupaten setempat.

Tim lomba ini desa ini menilai 15 desa terbaik yang mewakili kecamatannya berdasarkan tiga aspek, yakni administrasi pemerintahan, kewilayahan meliputi kriminalitas, partisipasi masyarakat dan pembangunan dan tanggap bencana, kemudian aspek kemasyarakatan.

Tim penilai tingkat kecamatan juga melakukan penilaian terhadap desa terbaik tingkat kecamatan berdasarkan tiga aspek ini.

Selanjutnya tim lomba desa tingkat provinsi akan melakukan penilaian terhadap desa terbaik pertama tingkat kabupaten setempat.

"Penilaian desa tingkat provinsi ini akan berlangsung pada bulan Juli tahun ini," ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018