Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendukung pembangunan dan pengembangan Kawasan Kampung Nelayan Sejahtera (KKNS) di desa Pasar Bantal, kecamatan Teramang Jaya.

"Pembangunan KKNS diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan di desa Pasar Bantal,? kata Sekretaris DKP kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti hasil kunjungan kerja perwakilan pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu ke KKNS di kecamatan Teramang Jaya pada beberapa waktu lalu.

Ia menyatakan, seluruh OPD di lingkungan Pemprov Bengkulu telah memprogramkan dalam pembangunan jangka menengah darah (RPJMD) untuk membangun KKNS di daerah itu.

Ia berharap, program pembangunan KKNS di desa Pasar Bantal diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan pemerintah daerah setempat.

Pemkab Mukomuko diharapkan memiliki RPJMD untuk membangun KKNS di desa Pasar Bantal.

Selama ini, katanya, DKP setempat rutin memberikan bantuan peralatan tangkap dan mesin tempel untuk nelayan di KKNS.

Seharus OPD lain juga memiliki program sesuai tugas dan masing - masing fungsinya.

Menurutnya, nelayan di kampung itu harus memiliki mata pencaharian pencaharian alternatif selain melaut untuk mengantisipasi ketika cuaca buruk.

"mereka harus mempunyai mata pencaharian alternatif seperti beternak unggas dan aktivitas usaha lainnya dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan rumah," kata Rahmad.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018