Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Partai politik Nasional Demokrat dan Perindo memberikan porsi lebih bagi kaum perempuan di Provinsi Bengkulu untuk menjadi calon legislator yang diusung dua partai ini.

Sekretaris DPW Nasdem Provinsi Bengkulu, Erna Sari Dewi di Bengkulu, Senin, menyampaikan bahwa parpol bernomor urut lima ini memberikan kesempatan hampir berimbang antara calon legislator laki-laki dan perempuan.

"Yang kita ajukan bahkan jauh lebih banyak jika merujuk aturan minimal, yakni sebesar 48 persen untuk perempuan," kata Erna.

Dengan komposisi tersebut bahkan Nasdem optimistis bisa meraih satu kursi di setiap daerah pemilihan atau tujuh dari 45 kursi DPRD Provinsi Bengkulu.

"Ya ini cukup untuk (mengamankan) kursi pimpinan," kata dia.

Sementara itu, Perindo juga memberikan proporsi cukup besar bagi perempuan. Dari daftar calon yang telah diserahkan ke KPU Provinsi Bengkulu, 40 persennya menjadi jatah kaum perempuan.

"Bahkan dalam `Kartini Perindo` juga terjadi `perang bintang` memperebutkan posisi calon," kata Ketua DPW Perindo Provinsi Bengkulu, Yurman Hamedi.

Perindo, lanjut dia, mendaftarkan sebanyak 42 calon legislator untuk maju pada kontestasi Pemilu Legislatif 2019 untuk Provinsi Bengkulu.

"Memang jumlah maksimal 45 orang, tetapi kami hanya menyerahkan 42 calon saja, itu kami rasa sudah cukup," ujarnya.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018