Kuala Lumpur, (ANTARA Bengkulu) - Kekalahan pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei dalam final tunggal putra Olimpiade 2012 berarti terlepas pula peluangnya untuk mendapatkan ganjaran senilai empat juta ringgit yang dijanjikan jika ia memenangi partai tersebut.
        
Kalau saja ia berhasil meraih medali emas dalam perlawanan dengan pemain China Lin Dan, Chong Wei bakal mendapat uang tunai dua juta ringgit sumbangan Kementerian Olah Raga dan Pemuda dalam Hadiah Kemenangan Sukan (Shakam) kepada setiap peraih medali emas Olimpiade serta satu  juta ringgit yang dijanjikan oleh sebuah perusahaan perabot, 3V Holdings Sdn. Bhd.
        
Inisiatif Kementerian dan 3V Holdings Sdn Bhd itu bertujuan membakar semangat atlet negara untuk meraih emas Olimpiade, demikian dilaporkan beberapa harian lokal Malaysia, Senin.
        
Chong Wei juga dijanjikan emas batangan senilai dua juta ringgit dari Kelab Raket Kuala Lumpur (KLRC).
        
Selain itu, Chong Wei juga harus melepaskan peluang meraih bonus 500 ribu ringgit dari Persatuan Badminton Malaysia (BAM) serta uang pensiun lima ribu ringgit per bulan yang dijanjikan Telekom Malaysia.
        
Dalam laga melawan Lin Dan yang digelar di Stadion Wembley, London, Minggu (5/8), Chong Wei kalah tipis dengan skor 21-15, 10-21, 19-21.
        
Kekalahan serupa terjadi pada Olimpiade 2008 di Beijing, saat Chong Wei juga harus bertekuk lutut pada Lin Dan, serta membawa pulang medali perak.
        
Namun saat itu, Chong Wei masih menerima berbagai penghargaan termasuk penganugerahan Darjah Setia Pangkuan Negeri (DSPN) oleh kerajaan Pulau Pinang dan diberi gelar Datuk, memperoleh uang tunai 300 ribu ringgit seperti skema Shakam, serta uang pensiun senilai tiga ribu ringgit per bulan mulai 1 September 2008.
       
                         Satu Meninggal
   
Sementara itu, seorang warga Malaysia yang tidak dapat menerima kekalahan Chong Wei tersebut, dilaporkan meninggal di sebuah restoran akibat serangan jantung.
        
Korban yang berusia sekitar 60 tahun dan hanya dikenali sebagai Chung, sempat menepuk meja makan ketika perlawanan itu berakhir sebelum akhirnya rebah ke lantai dan tidak sadarkan diri.
        
Menurut pelayan restoran, Muhammad Nur Hishamsyor Abdullah Bong, Chung yang merupakan pelanggan tetap restoran tersebut merupakan pendukung setia Chong Wei.
        
"Mungkin korban tidak dapat menerima kekalahan Chong Wei," katanya sambil menambahkan pihak Rumah Sakit Serian yang tiba di lokasi menyatakan Chung tewas di tempat kejadian.
        
Kepala Polisi Daerah Serian, Deputi Superintendan Mohd Jamali Umi menyatakan kasus tersebut sebagai kasus kematian mendadak. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012