Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pembangunan satu puskesmas baru di wilayah yang jauh dari sarana kesehatan.

"Kami mengusulkan pembangunan puskesmas baru di wilayah Kecamatan Ipuh kepada Kementerian Kesehatan. Kami mengusulkan pembangunan puskesmas baru di salah satu puskesmas pembantu (pustu) di wilayah tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jun Harto di Mukomuko, Jumat.

Ia menyatakan, pihaknya belum menetapkan lokasi pembangunan puskemas baru di Kecamatan Ipuh.

Instansinya baru sebatas menyampaikan usulan tertulis terkait pembangunan puskesmas baru untuk wilayah Kecamatan Ipuh kepada Kementerian Kesehatan.

Pihaknya berencana mencari lokasi pembangunan puskesmas baru di salah satu pustu yang selama ini berada jauh dari puskesmas perawatan di Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh.

"Ada beberapa pustu yang jauh dari puskesmas perawatan seperti pustu di wilayah Desa Air buluh yang berada dekat Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) dan pesisir pantai wilayah itu," ujarnya. Ia berharap, tahun 2019 ada anggaran untuk pembangunan puskesmas baru dari pemerintah pusat.

Daerah itu, saat ini memiliki sebanyak 17 puskesmas, yang terdiri dari enam puskesmas perawatan dan 11 puskesmas rawat jalan.

Sebanyak 17 puskesmas tersebut tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018