Mukomuko (Antaranews Bengkulu) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko mulai mendata nelayan untuk diusulkan sebagai penerima bantuan pembuatan sertifikat tanah gratis melalui program Sertifikasi Hak Atas Tanah atau Sehat dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu.

"Hari ini kami mulai mendata nelayan untuk diusulkan sebagai penerima program ini," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Nasyyardi di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti surat dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu terkait alokasi kegiatan Sertifikasi Hak Atas Tanah atau Sehat untuk nelayan setempat.

Instansinya terlambat dalam melakukan pendataan nelayan untuk diusulkan sebagai penerima program ini karena terlambat menerima surat ini, yakni tanggal 18 Juli 2018.

Kendati demikian, ia menargetkan, pendataan nelayan untuk diusulkan sebagai penerima bantuan program sertifikat tanah gratis ini bisa diselesaikan dalam minggu ini juga.

"Berapa pun jumlah nelayan yang terdata nantinya akan kami usulkan sebagai penerima bantuan kepada pemerintah provinsi. Karena tidak ada kuota nelayan setempat yang menerima bantuan ini," ujarnya.

Ia menyatakan, pemerintah setempat tahun 2016 pernah memprogramkan sertifikasi tanah gratis untuk nelayan di daerah itu, namun program tersebut tidak berjalan.

Setelah itu, ada juga program sertifikasi tanah melalui program nasional dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018