Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengingatkan nelayan setempat agar mewaspadai angin kencang yang diprediksi berhembus di perairan laut mukomuko.

"Saat ini angin kencang melanda perairan laut di daerah ini. Angin kencang tersebut bisa membahayakan perahu dan keselamatan nelayan," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko Nasyyardi di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini angin kencang yang melanda perairan daerah itu merupakan angin barat dan utara.

Selama ini, katanya, angin barat dan utara yang berhembus sangat kencang di perairan laut daerah itu.

Menurutnya, angin kencang itu membuat gelombang di perairan laut di daerah itu menjadi tinggi.

Ia menyatakan, pihaknya telah menyampaikan peringatan ini kepada ketua kelompok usaha bersama nelayan agar disampaikan kepada seluruh anggota kelompoknya.

Kami tidak bisa melarang nelayan melaut karena itu hak mereka tetapi kami sudah sampaikan peringatan terkait gelombang di perairan laut di daerah ini," ujarnya.

Nelayan Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko Ustario mengatakan sejak dua pekan ini nelayan di wilayahnya pulang lebih awal dari biasanya karena angin kencang yang melanda perairan daerah ini. ?

Ia menyatakan, tidak ada nelayan apalagi yang berangkat sendiri yang berani bertahan terlalu lama menangkap ikan di tengah perairan laut di wilayah tersebut. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018