Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Provinsi Bengkulu melepas 23 orang pelajar sekolah menengah atas (SMA) untuk mengenal Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018.

"Ada 23 orang pelajar yang sudah diseleksi dan memenuhi sejumlah persyaratan untuk ikut program SMN 2018," kata Direktur BTN, Dasuki Amsir yang hadir bersama Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rusdi Bakar saat melepas para pelajar Bengkulu menuju Mamuju, Sulawesi Barat, di Bengkulu, Jumat malam.

Program SMN adalah salah satu kegiatan dari "BUMN Hadir Untuk Negeri" yang dihelat Kementerian BUMN untuk menyambut HUT Republik Indonesia. 

Kegiatan ini adalah semacam pertukaran pelajar dari satu daerah ke daerah lain di mana pelajar dari Bengkulu akan mengunjungi Provinsi Sulawesi Barat dan sebaliknya pelajar dari Sulbar mengeksplor Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan 23 orang pelajar yang berasal dari 10 kabupaten dan kota itu terdiri dari 20 orang pelajar yang duduk di kelas XI dan tiga orang siswa difabel.

Para pelajar tersebut akan didampingi dua orang aparatur dari Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, dua orang guru teladan dan tiga orang pendamping siswa difabel.

Beberapa kegiatan yang dilakukan para siswa antara lain mengunjungi sekolah berprestasi, mengunjungi tempat wisata sejarah dan budaya, mengenal kesenian dan kebudayaan setempat, ataupun melakukan kegiatan sosial lainnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rusdi Bakar yang mewakili Plt Gubernur Bengkulu mengapresiasi program SMN untuk wilayah Provinsi Bengkulu yang tahun ini diselenggarakan oleh PT BTN.

Kami berterima kasih kepada penyelenggara dalam hal ini PT BTN yang merancang kegiatan SMN tahun ini di Bengkulu, katanya. 

Kepada para pelajar, Rusdi berpesan agar menimba pengalaman sebanyak mungkin dan tetap menjaga diri serta menjaga nama baik sekolah dan daerah di manapun berada.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018