Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Aksi solidaritas yang digelar relawan Forum Pemuda Peduli Bengkulu berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp21 juta untuk membantu warga korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Dari aksi yang dilakukan tim relawan selama tiga hari ini berhasil mengumpulkan donasi masyarakat sebesar Rp21 juta," kata Koordinator Forum Pemuda Peduli Bengkulu (FPPB) Feri Vandalis di Bengkulu, Senin. 

Ia mengatakan, penggalangan dana sudah dimulai pada Jumat (10/8), dengan menurunkan tim relawan ke sejumlah titik pusat keramaian di dalam Kota Bengkulu. 

Lokasi pengumpulan dana mulai dari Simpang Lima yang merupakan jantung Kota Bengkulu, pusat keramaian seperti Pasar Baru Koto dan Bengkulu Indah Mall. 

Selanjutkan puncak malam penggalangan dana bekerjasama dengan pemerintah daerah Bengkulu pada Minggu (12/8) malam, berhasil mengumpulkan total dana sebesar Rp21 juta.

Feri mengatakan, donasi masyarakat tersebut akan disalurkan kepada masyarakat korban gempa di Lombok melalui lembaga kemanusiaan nasional Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Bengkulu.

"Kami berterimakasih untuk seluruh pihak yang mendukung aksi ini dan berharap bantuan ini bisa meringankan beban saudara kita di Lombok," ucapnya. 

Menurut dia, bantuan tersebut juga bentuk dukungan moril bagi seluruh warga korban bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat tersebut. 

Apalagi, kata Feri, Provinsi Bengkulu juga termasuk wilayah rawan gempa bumi dan tsunami karena terletak di antara dua lempeng aktif yakni Eurasia dan Indoaustralia.

Sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Sabtu (11/8), mencatat ada 387 korban meninggal dunia yang tersebar di Kabupaten Lombok Utara (334), Lombok Barat (30), Lombok Timur (10), Kota Mataram (9), Lombok Tengah (2), dan Kota Denpasar (2).

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018