Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, optimistis program cetak sawah baru di lahan seluas 400 hektare milik petani di daerah itu, selesai tahun ini.

"Kami yakin lahan seluas itu selesai dicetak menjadi sawah baru tahun ini. Lahan seluas sekitar 600 hektare saja selesai dicetak menjadi sawah baru tahun 2017," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan di Mukomuko, Senin.

Pemerintah pusat melalui Komando Rayon Militer (Korem) 041 Gamas Bengkulu, tahun ini melaksanakan program cetak sawah baru di lahan perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektare di Kabupaten Mukomuko.

Sekarang ini seluas 17 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru tersebut tersebar di beberapa desa yang berada dalam daerah irigasi teknis. 

Data luas lahan yang dicetak menjadi sawah baru melalui program cetak sawah baru yang dikerjakan oleh Komando Rayon Militer (Korem) 041 Gamas Bengkulu dari bidang sarana dan prasarana pertanian seminggu yang lalu.

Sekarang ini, menurutnya, kemungkinan ada lagi penambahan luas lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat yang telah dicetak menjadi sawah baru. 

Sebagai pejabat pelaksana kegiatan (PPK) program cetak sawah baru tahun ini, ia menyatakan, instansinya rutin menerima laporan terkait luas lahan perkebunan kelapa sawit yang telah dicetak menjadi sawah baru. 

Ia menyatakan, Korem Bengkulu telah menerima pencairan dana cetak sawah baru tahap pertama sebesar 40 persen. 

Selanjutnya, Korem yang menggunakan dana cetak sawah sebesar Rp16 juta per hektare.

Pelaksana program cetak sawah baru ini bisa mengajukan pencairan dana cetak sawah tahap kedua sebesar 30 persen setelah mereka menyelesaikan pekerjaan fisik sebesar 70 persen. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018