Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Gelombang laut di perairan Bengkulu 12 jam ke depan berpeluang setinggi empat meter, meskipun saat ini di prakirakan rata-rata 3,5 meter.

"Prakiraan gelombang tinggi empat itu juga berpotensi terjadi di perairan Enggano dan barat Bengkulu," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Jumat.

Ia mengatakan angin di perairan Bengkulu bergehmbus dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-22 knots  dan angin di perairan Enggano berhembus dari timur hingga tenggara dengan kecepatan antara 08-22 knots.

Sementara itu, angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu berhembus dari arah Timur hingga Tenggara dengan kecepatan antara 10-24 knots, di wilayah itu terjadi berawan. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, Selat Malaka dan Samudera Hindia utara Aceh hingga barat Mentawai.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 40 km/ jam atau 05 - 22 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya cerah dan berawan, terutama di Kota Bengkulu, Kepahiang dan Kabupaten Lebong, dengan suhu udara berkisar 20-32 derajat celcius dan kelembaban antara 60-96 persen, ujarnya.

Perkembangan gelombang laut di perairan Bengkulu akhir-akhir ini cendrung bertahan tinggi, dengan demikian para nelayan diimbau berhati-hati untuk melaut. "Selama gelombang tinggi di perairan Bengkulu berdampak besar pada produksi ikan, sehingga para perajin ikan asin kekuarangan bahan baku," katanya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012